Tips merawat rice cooker agar tidak cepat rusak dan nasi tetap sehat

Tips merawat rice cooker agar tidak cepat rusak dan nasi tetap sehat

Rice cooker merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang berguna untuk memasak atau membuat nasi, karena nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia yang biasa disajikan di hampir semua jenis makanan yang memiliki banyak manfaat diantaranya untuk menjadi sumber energi dan mengandung vitamin B1 (Tiamin) yang berfungsi sebagai membantu metabolisme karbohidrat dan memiliki magnesium yang berfungsi untuk membantu kerja otak, sistem syaraf, dan memperbaiki enzim-enzim dalam tubuh. Tetapi apa kalian tahu, jika rice cooker tidak dibersihkan atau tidak dirawat dengan baik maka bisa berdampak pada kesehatan dalam tubuh, karena dengan membersihkan rice cooker serta merawatnya maka rice cooker akan lebih baik untuk kesehatan yang mengkonsumsi. Berikut kami berikan beberapa tips merawat rice cooker agar terhindar dari berbagai penyakit dan tubuh akan tetap sehat:

Selalu bersihkan rice cooker
Untuk kalian yang suka menggunakan rice cooker, lebih baik kalian bersihkan setelah pemakaian. Karena rice cooker yang tidak dibersihkan setelah pemakaian akan menimbulkan berbagai macam bakteri dan penyakit yang disebabkan kotoran yang mengendap dan sisa nasi yang membusuk dalam rice cooker. Pastikan bagian dalam dari rice cooker bersih dan tidak ada kotoran mengendap setelah penggunaan.

Masak nasi tidak melebihi kapasitas
Supaya rice cooker tetap awet dan bisa digunakan jangka panjang, kalian bisa menggunakan rice cooker sesuai dengan kapasitas karena jika kapasitas melebihi batas pemasakan rice cooker akan berdampak pada nasi yang sudah matang tumpah keluar rice cooker yang bisa mengakibatkan rice cooker cepat rusak karena terkena air dari nasi dan bisa mengenai kabel atau perangkat lainnya yang ada pada rice cooker dan mengakibatkan konslet pada rice cooker.

Bersihkan sisa nasi kering yang menempel
Untuk kalian yang sudah selesai menggunakan rice cooker, kalian bisa bersihkan sisa nasi kering yang menempel pada rice cooker, karena jika hal ini tidak diperhatikan akan menjadi kotoran yang menimbulkan virus dan penyakit serta akan menyatu dengan nasi yang baru dimasak dan tidak enak untuk dikonsumsi, serta nasi kering bisa saja hangus jika tetap dibiarkan didalam rice cooker yang akan berdampak buruk pada rice cooker dan menimbulkan kerusakan.

Buang penampungan uap air
Jika kalian sudah selesai menggunakan rice cooker, alangkah baiknya kalian membersihkan dan membuang air bekas penampungan uap karena jika dibiarkan mengendap akan menimbulkan bakteri yang tidak sehat untuk tubuh dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit untuk yang mengkonsumsi, tetapi pada Ecohome Rice Cooker Low Carbo kalian tidak perlu membuang air dari uap karena uap dari nasi yang dimasak sudah terbuang dengan sendirinya melalui ventilasi udaraΒ  yang ada pada rice cooker.

Perhatikan bagian luar pot rice cooker
Untuk kalian yang ingin memasak nasi dengan rice cooker, perhatikan bagian luar pada sisi panci yang ingin digunakan untuk memasak nasi tidak ada kebasahan karena jika bagian luar panci basah akan menimbulkan resiko kerusakan pada saat memasak nasi karena dengan adanya basah pada sisi luar panci akan mengakibatkan suhu pada rice cooker tidak stabil dan bisa menimbulkan kerusakan pada rice cooker.

Jangan menggunakan sendok besi
Jangan gunakan sendok berbahan besi untuk mengambil nasi yang sudah matang pada rice cooker karena jika kalian menyendok nasi yang ada dalam rice cooker dengan menggunakan sendok besi bisa merusak permukaan Teflon yang ada pada rice cooker sehingga jika permukaan Teflon rusak, maka akan membuat nasi tidak sehat yang disebabkan oleh Teflon yang rusak dan menempel pada nasi. Gunakan sendok plastik yang sudah diberikan dalam kemasan produk untuk menyendok nasi dalam rice cooker agar permukaan Teflon pada rice cooker tidak rusak.

Back to blog

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.