Bikin salad buah dengan stand mixer

Bikin salad buah dengan stand mixer

Stand mixer merupakan salah satu alat yang sudah tidak umum dibidang baking, biasa digunakan untuk mencampur dan mengaduk adonan dari bahan dasar dan ingin dibuat  menjadi suatu makanan seperti roti dan kue. Stand mixer juga sangat membantu para pecinta baking yang ingin membuat adonan secara cepat dan tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk membuat suatu adonan, berbeda dengan hand mixer yang harus kalian genggam untuk membuat adonan dan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding stand mixer untuk membuat adonan. Dengan stand mixer kalian hanya perlu menaruh bahan adonan kedalam bowl dan menekan tombol untuk menghidukan stand mixer, kalian tidak perlu lelah menggenggam mixer untuk menjadikan sebuah adonan, hanya biarkan stand mixer bekerja sendiri hingga adonan sempurna dan bisa langsung kalian panggang dalam oven. Selain bisa digunakan untuk membuat adonan, kalian bisa menggunakan stand mixer untuk membuat berbagai jenis bahan masakan yang perlu diaduk hingga menyatu dan merata. Berikut kami berikan beberapa resep yang bisa kalian gunakan untuk membuat beberapa makanan dengan menggunakan stand mixer:

Salad Buah

Untuk kalian yang menyukai salad buah, makanan ini memiliki bahan dasar yang creamy seperti mayonnaise dan yoghurt yang membuat rasa dari salad tersebut menjadi enak. Kalian bisa membuat mayonnaise sendiri untuk salad buah, hanya perlu menyiapkan bahan-bahan diantaranya adalah 1 putih telur, 1 sdm gula, 1 sdm jeruk nipis, 300ml minyak goreng. Langkah untuk membuatnya adalah kalian hanya perlu memasukan bahan-bahan tersebut kedalam bowl mixer dengan menggunakan kecepatan maksimal pada mixer, untuk minyak goreng kalian bisa masukan secara sedikiti demi sedikit hingga mayonnaise mengental dan setelah itu kalian bisa masukan kedalam kulkas menggunakan wadah yang tertutup.

Untuk membuat salad buahnya, kalian cukup menyiapkan buah-buahan sesuai selera, lalu potong buah hingga kecil, dan untuk dressing kalian bisa siapkan mayonnaise yang sudah kalian buat menggunakan stand mixer, yoghurt, susu kenlat manis, jeruk nipis, garam, dan keju parut. Untuk membuatnya silahkan aduk rata bahan dressing, tata buah dalam piring dan siram menggunakan dressing yang sudah disatukan dan masukan ke lemari es minimal 1 jam dan salad buah bisa langsung kalian santap.

Dessert Box

Makanan penutup yang satu ini menjadi favorit dikalangan muda bahkan orang tua sekalipun, makanan ini bisa menjadi favorit karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut sehingga sangat memikat lidah yang memakannya. Cara pembuatan dessert yang satu ini pun bisa dibilang mudah, kalian hanya perlu menyiapkan bahan untuk membuat kue cokelat yaitu 150gr tepung terigu, 125gr mentega cair, 50gr cokelat bubuk, 200gr gula pasir, 4 butir telur, 1 sdt vanili, ¼ sdt emulsifer. Untuk bahan whipped creamnya kalian bisa gunakan 100gr whipped cream bubuk, 100ml susu kental manis, 250ml susu cair. Dan untuk bahan ganache kalian siapkan 200gr dark chocolate, 200ml whipped cream, 1 sdm mentega, dan choco chip secukupnya.

Cara pembuatannya cukup mudah, ayak tepung terigu, cokelat bubuk, dan vanili hingga halus, lalu sisihkan. Setelah itu aduk gula pasir, telur, dan emulsifier dengan mixer hingga merata dan padat, setelah itu masukan bahan yang tadi sudah di ayak ke dalam adonan telur. Aduk kembali menggunakan mixer hingga merata dan masukan mentega cair dengan spatula hingga rata.

Kukus kue hingga matang dan mengembang, jika sudah matang kalian bisa lanjutkan untuk proses pembuatan whipped cream, masukkan whipped cream bubuk, susu cair, susu kental manis kedalam wadah dan aduk menggunakan stand mixer hingga mengembang dan setelah itu kalian bisa tunggu sampai adonan dingin dan masukan kedalam plastic segitiga atau yang biasa disebut piping bag. Untuk bagian ganache, campurkan bahan-bahan untuk membuat ganache kedalam wadah dan aduk kedua bahan hingga menyatu dan biarkan hingga dingin.

Jika sudah semua adonan siap, kalian bisa memasukan kue yang sudah matang, lalu layer demi layer kalian berikan whipped cream, lalu tumpuk lagi dengan kue dan lakukan secara berulang hingga adonan habis dan berikan ganache pada bagian paling atas hingga merata. Agar lebih nikmat, silahkan masukan dessert box ke dalam lemari es agar lebih nikmat.

2 resep diatas bisa kalian buat dengan menggunakan Ecohome Stand Mixer Platinum yang akan mempermudah proses pembuatannya karena memiliki pengaturan speed yang bisa kalian gunakan hingga kecepatan 20.000 rpm dan tidak perlu kalian genggam, hanya perlu kalian putar knob speed dan adonan yang sudah dimasukkan kedalam bowl akan tercampur rata dengan sendirinya.

Back to blog

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.